Detail Cantuman


No image available for this title

Karya Tulis Ilmiah

GAMBARAN PENGETAHUAN KEBIASAAN MENYIKAT GIGI YANG MENGAKIBATKAN TERJADINYA KALKULUS PADA SISWA KELAS V SDN CEMPAKA PUTIH BARAT 03 PAGI JAKARTA PUSAT TAHUN 2018



Pada umumnya masyarakat menggosok gigi setiap hari pada waktu mandi pagi dan sore 90,7%. Proporsi masyarakat yang menggosok gigi setiap hari sesudah makan pagi hanya 12,6% dan sebelum tidur malam hanya 28,7%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan kebiasaan menyikat gigi pada siswa kelas v SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat. Dengan jumlah populasi 60 orang. Pemeriksaan dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada siswa kelas V dan dilanjutkan dengan pemeriksaan intra oral dengan alat oral diagnostik.
Pengetahuan menyikat gigi dengan nilai tinggi diketahui apabila nilainya > 13 sedangkan pengetahuan perawatan gigi dengan nilai rendah apabila nilainya < 13. Hasil data menunjukan bahwa sebagian besar responden memiliki nilai tinggi yaitu sebanyak 41 orang (68,4%), sedangkan yang memiliki nilai rendah sebanyak 19 orang (31,6%). Penilaian Kalkulus Index pada murid kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat , didapatkan sebanyak 45 siswa (75%) memiliki nilai kalkulus index baik, 12 siswa (20%) memiliki nilai kalkulus index sedang dan 3 siswa (5%) memiliki nilai kalkulus index buruk. Diperlukan penyuluhan tentang menjaga kebersihan gigi dengan cara demontrasi dengan model gigi, dan upaya preventifnya dengan melakukan pembersihan kalkulus pada siswa yang membutuhkan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.601 Gam C
Penerbit AKG Puskesad : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
36 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.601
Fakultas
Kesehatan Gigi
Program Studi
DIII Kesehatan Gigi
Tipe Pembawa
Publish
Edisi
-
Subyek
NIM
15003

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this