Detail Cantuman


No image available for this title

Karya Tulis Ilmiah

MEKANISME PENGGUNAAN APD PADA MAHASISWA KESEHATAN GIGI DENGAN MELALUI WHATSAPP DI ERA PANDEMI DILINGKUNGAN AKG PUSKESAD



Latar belakang: Masalah Wabah covid-19 pertama kali terdeteksi di kota wuhan , provinsi Hubei Tiongkok pada bulan Desember 2019 dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 maret 2020. Alat Pelindung Diri (APD) mempunyai fungsi untuk melindungi anggota tubuh dan juga berfungsi sebagai alat dalam keadaan gawat darurat, Alat Pelindung Diri (APD) juga digunakan untuk melindungi petugas dari kesehatan dari resiko pajanan cairan tubuh pasien seperti darah, sekret, ekskreta, kulit yang tidak utuh dan selaput lendir pasien. Media penelitian yang akan digunakan ialah dengan smarthphone media aplikasi whatsapp
Tujuan Penelitian: mengetahui dan menjelaskan lebih rinci tentang mekanisme sebelum dan sesudah penggunaan APD pada Mahasiswa Kesehatan Gigi dengan Melalui Whatsapp di Era Pandemi di Lingkungan AKG Puskesad.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan lembar angket. Pengambilan sampel ini sebanyak 36 orang responden dengan teknik total sampling.
Hasil Penelitian: pengetahuan responden tentang mekanisme penggunaan APD pada Mahasiswa Kesehatan Gigi dengan melalui Whatsapp di era pandemic diklinik AKG Puskesad terdapat peningkatan kriteria baik dari 1 orang (3%) jadi sebanyak 15 orang (41%) peningkatan kriteria cukup dari 1 orang dari (3%) menjadi (22%) serta penurunan kriteria kurang dari (94,4%) menjadi (30%). Kesimpulan: terdapat peningkatan tentang mekanisme penggunaan APD setelah diberitahukan bagaimana penggunaan APD yang baik dan benar dengan menggunakan media aplikasi Whatsapp.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610.28 Mek A
Penerbit AKG Puskesad : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
48 HLM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610.28
Fakultas
Kesehatan Gigi
Program Studi
DIII Kesehatan Gigi
Tipe Pembawa
Publish
Edisi
-
Subyek
NIM
18009

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this