Detail Cantuman


No image available for this title

Karya Tulis Ilmiah

GAMBARAN KESEHATAN GUSI IBU HAMIL BERDASARKAN USIA KEHAMILAN DI POSYANDU GARUDA BEKASI



Latar Belakang : Gingivitis merupakan salah satu penyakit periodontal yang yang sangat rentan terjadi jika pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil tidak terjaga dengan baik. Gingivitis kehamilan terjadi sebagai hasil dari peningkatan kadar hormon progesteron dan estrogen. Gingivitis kehamilan mempunyai gambaran klinis berupa marginal gingiva dan papila interdental yang berwarna merah terang sampai merah kebiruan, permukannya licin dan mengkilap, berkurangnya kekenyalan dan mudah berdarah. Perubahan yang jelas terlihat pada bulan kedua kehamilan dan mencapai puncaknya pada bulan kedelapan, serta akan berkurang setelah melahirkan.
Tujuan : Untuk mengetahui gambaran kesehatan gusi pada ibu hamil berdasarkan usia kehamilan (Trimester I,II dan III) di Posyandu Garuda Bekasi.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan teknik sampling konsekutif. Sampling konsekutif adalah mencari penderita yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sampai dipenuhi jumlah sample yang diperlukan.
Hasil penelitian : Hasil penelitian ini adalah trimester I mendapatkan skor 0,90 dan mendapatkan kategori ringan , trimester II mendapatkan skor 1,50 dan mendapatkan kategori sedang, dan pada trimester ke III mendapatkan skor 0,95 dan mendapatkan kategori ringan.
Kesimpulan : ini peradangan gingival sedang dialami oleh ibu hamil trimester II, hal ini berkaitan dengan perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil dimulai sejak memasuki usia kehamilan tersebut.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.601 Gam N
Penerbit AKG Puskesad : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
33 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.601
Fakultas
Kesehatan Gigi
Program Studi
DIII Kesehatan Gigi
Tipe Pembawa
Publish
Edisi
-
Subyek
NIM
17024

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this