Detail Cantuman


No image available for this title

Karya Tulis Ilmiah

GAMBARAN SKOR PLAK SEBELUM DAN SESUDAH MENGONSUMSI BUAH BENGKUANG (Pachyrhizus erosus) PADA SISWA KELAS V (Studi kasus di SDN 03 Senen Pagi Jakarta Tahun 2020)



Kesehatan tubuh merupakan dambaan bagi setiap individu, dengan tubuh yang sehat aktivitas keseharian dapat berjalan dengan baik. Kesehatan gigi merupakan bagian dari kesehatan tubuh yang tidak dapat dipisah satu dengan lainnya. Upaya dalam meningkatkan kesehatan gigi dapat dilakukan dengan berbagai macam, salah satunya dengan mengonsumsi buah yang memiliki kandungan serat dan air seperti bengkuang. Bengkuang dapat membersihkan gigi dari sisa makanan yang melekat secara alami. Plak gigi merupakan penyebab dari terjadinya berbagai masalah di dalam rongga mulut. Plak apabila dibiarkan dalam beberapa hari dan tidak dibersihkan secara teratur dapat menimbulkan penumpukkan plak yang akan menjadi karang gigi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran skor plak sebelum dan sesudah mengonsumsi buah bengkuang (Pachyrhizus erosus) pada siswa kelas V di SDN 03 Senen Pagi Jakarta tahun 2020. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deksriptif. Data responden dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V di SDN 03 Senen Pagi Jakarta. Hasil dalam penelitian ini adalah rata-rata skor indeks plak sebelum mengonsumsi buah bengkuang sebesar 3,2 dan setelah mengonsumsi buah bengkuang memiliki rata-rata skor indeks plak yaitu 2,1. Penurunan rata-rata skor indeks plak sebesar 1,1 dengan kriteria sedang. Peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi buah bengkuang dapat menurunkan skor indeks plak gigi.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.63 Gam M
Penerbit AKG Puskesad : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
39 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.63
Fakultas
Kesehatan Gigi
Program Studi
DIII Kesehatan Gigi
Tipe Pembawa
Publish
Edisi
-
Subyek
NIM
17022

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this