Detail Cantuman


No image available for this title

Karya Tulis Ilmiah

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP KESEHATAN GIGI DAN MULUT BERDASARKAN INDEKS DMF-T PADA SISWA KELAS V SDN CEMPAKA PUTIH BARAT 03 TAHUN 2018



Gangguan yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut menjadi permasalahan yang dialami oleh sebagian besar Negara-negara didunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2003 menyatakan, angka karies pada anak usia Sekolah Dasar 60-90%. Prevalensi terus akan meningkat sering bertambahnya umur. Prevalensi karies di Indonesia mencapai 90,05% dan ini tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan Negara berkembang lainnya.
Untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan Ibu Terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut Berdasarkan Indeks DMF-T pada Siswa Kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Tahun 2018.
Penelitian ini menggunakan metode total sampling dengan design deskriptif. Sasaran penelitian yaitu siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 dengan 60 responden dan pembagian kuesioner kepada ibu siswa dan pemeriksaan secara langsung terhadap siswa.
pemeriksaan kesehatan gigi di SD Cempaka Putih Barat 03 dengan jumlah anak yang diperiksa berjumlah 60 orang. Hasil indeks kesehatan gigi berdasarkan status karies gigi yaitu untuk gigi berlubang terdapat 229 gigi. Untuk gigi yang dicabut/hilang terdapat 94 gigi dan untuk gigi yang ditambal karena karies terdapat 71 gigi. Hasil ukur pemeriksaan DMF-T didapatkan status kesehatan gigi di kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 dari 60 siswa terlihat sebesar 394 menghasilkan rata-rata DMF-T 6,56 dengan kriteria tinggi.
Hasil yang didapat bahwa pengetahuan orang tua sebanyak 28 orang dengan persentase 46,7% (Baik) dan sebanyak 32 dengan persentase 38% (Buruk).


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Pengetahuan, Kesehatan Gigi dan Mulut, DMF-T
No. Panggil
617.601 Gam I
Penerbit AKG Puskesad : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
42 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.601
Fakultas
Kesehatan Gigi
Program Studi
DIII Kesehatan Gigi
Tipe Pembawa
Publish
Edisi
-
Subyek
NIM
15017

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this