Detail Cantuman


No image available for this title

Karya Tulis Ilmiah

GAMBARAN PENGETAHUAN ORANG TUA TERHADAP PERSISTENSI GIGI ANAK DI PUSKESMAS CEMPAKA PUTIH JAKARTA PUSAT TAHUN 2018



Pengetahuan orang tua sangat penting dalam mendasari terbentuknya sikap dan perilaku yang mendukung kesehatan gigi dan mulut anak. Gigi bagi seorang anak sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak usia sekolah dasar merupakan masa peralihan dari gigi sulung ke gigi tetap yang dianggap rawan terhadap penyakit gigi dan mulut, salah satunya kasus persistensi gigi pada anak.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan orang tua terhadap kasus persistensi pada gigi anak di puskesmas Cempaka Putih Jakarta Pusat. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 50 responden, diambil menggunakan teknik quota sampling, dengan kriteria inklusi yaitu orang tua yang memiliki anak berumur 6-12 tahun yang bersedia menjadi responden dan kriteria eksklusi yaitu orang tua yang tidak bersedia menjadi responden. Cara pengumpulan data diperoleh dari hasil kuesioner tentang persistensi gigi, jumlah dan jenis gigi serta pertumbuhan gigi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 48 orang tua dari 50 responden memiliki pengetahuan baik dan 2 orang tua memiliki pengetahuan buruk mengenai jenis gigi anak. Sedangkan 16 orang tua dari 50 responden memiliki pengetahuan baik dan 34 orang tua memiliki pengetahuan buruk mengenai persistensi gigi. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengetahuan orang tua mengenai persistensi gigi masih tergolong rendah.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.64 Gam V
Penerbit AKG Puskesad : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
51 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.64
Fakultas
Kesehatan Gigi
Program Studi
DIII Kesehatan Gigi
Tipe Pembawa
Publish
Edisi
-
Subyek
NIM
15027

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this