Detail Cantuman


No image available for this title

Karya Tulis Ilmiah

HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP RESIKO KEJADIAN KARIES PADA ANAK DI TK ISLAM PERMATA CIPUTAT



Peran orang tua dalam mengasuh, mendidik, dan mendorong, serta mengawasi anak dalam merawat kebersihan gigi penting dalam mencegah terjadinya karies. Sikap dan perilaku orang tua dalam pemeliharaan kesehatan gigi memberi pengaruh yang cukup signifikan terhadap perilaku anak.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan peran orang tua dengan kejadian karies gigi pada anak di TK Islam Permata Ciputat.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel 18 orang tua dan 18 anak.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak didik TK Islam Permata Ciputat yang mengalami karies sebanyak 15 responden (83,3%). Sedangkan peran orang tua masuk ke dalam kategori berperan baik sebanyak 12 responden (66,7%) dan berperan cukup sebanyak 6 responden (33.3%). Berdasarkan hasil tabulasi silang peran orang tua dan kejadian karies gigi menunjukkan, peran orang tua dengan kategori baik sebanyak 9 responden (75%) memiliki anak yang terbebas dari kejadian karies sebesar 25% sebanyak 3 responden.
Kesimpulan : Ada hubungan antara peran orang tua dengan kejadian karies gigi di TK Islam Permata Ciputat dengan faktor usia dan pendidikan orang tua.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.67 Azi h
Penerbit AKG Puskesad : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.67
Fakultas
Kesehatan Gigi
Program Studi
DIII Kesehatan Gigi
Tipe Pembawa
Publish
Edisi
-
Subyek
-
NIM
22184

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this